KfePbWrKY0SZuYw0BGcsAmqR0vWhELLZLHFzoY4d

Pengantar Teknologi Layanan Jaringan XI TKJ - Materi 1

T eknologi layanan jaringan adalah teknologi yang dirancang dan dibangun untuk melayani pengguna yang menggunakan berbagai macam perangkat yang berbeda. Tujuannya adalah untuk membangun dan merancang sebuah jaringan yang sangat efektif. Yang mana, kehadiran dari jaringan tersebut diperlukan untuk suatu standar guna sebagai penjamin compatibility, interoperability hingga kinerja yang disyaratkan secara ekonomis. Standar tersebut bersifat terbuka dan dibutuhkan untuk melakukan interkoneksi antar sistem, antar perangkat maupun sistem jaringan yang berasal dari vendor atau operator yang berbeda.



Teknologi Layanan Jaringan Adalah Sistem Yang Memiliki Materi Standarisasi

Sebelumnya telah sedikit disinggung bahwa teknologi layanan jaringan adalah sistem yang memiliki materi standarisasi, dimana yang menjadi ukuran standarnya ada dalam protokol yang dipergunakan. Apa itu protokol?


Protokol merupakan suatu aturan yang bersifat mengatur atau memberikan izin ketika terjadinya hubungan komunikasi dan ketika terjadinya proses perpindahan data antar lebih dari satu komputer. Protokol ini bisa diterapkan di dalam perangkat lunak, perangkat keras maupun perangkat yang menjadi kombinasi antara keduanya. Namun, dalam tingkatan rendah biasanya protokol akan digunakan oleh perangkat keras saja.


Dalam penggunaan standar teknik, kehadiran protokol sangatlah diutamakan. Hal ini diperlukan untuk menspesifikasi bagaimana membangun komputer atau menghubungkannya pada peralatan perangkat keras. Secara umum, protokol digunakan sebagai komunikasi real time dengan menggunakan standar tertentu untuk mengatur setiap struktur dari informasi dalam penyimpanan jangka panjang. Kendati demikian, sangatlah sulit untuk melakukan generalisir terhadap protokol. Hal ini disebabkan karena protokol mempunyai banyak variasi dalam setiap penggunaanya. Agar mudah dipahami, di sini juga akan disebutkan mengenai tujuan penggunaan protokol yang bervariasi.


Tujuan Penggunaan Protokol

  1. Melakukan proses deteksi terhadap adanya ada atau tidaknya koneksi fisik yang terhubung dengan komputer atau mesin lainnya.
  2. Melakukan metode dalam proses jabat-tangan atau
  3. Melakukan proses negosiasi dalam berbagai macam karakteristik yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya.
  4. Melakukan proses pengaturan untuk mengawali dan mengakhiri suatu pesan atau sinyal.
  5. Melakukan proses pengaturan untuk melakukan format pesan yang digunakan.
  6. Melakukan penentuan langkah maupun tindakan ketika terjadi kerusakan pada pesan atau ketika pesan tidak sempurna.
  7. Melakukan proses deteksi untuk mengetahui terjadinya kerugian yang berhubungan pada jaringan dan akan melakukan tindakan sebagai solusinya.
  8. Digunakan untuk mengakhiri setiap proses dari suatu koneksi yang sebelumnya telah berjalan

Bukan hanya di Indonesia, teknologi layanan jaringan juga digunakan oleh negara-negara lainnya. Hal ini disebabkan, teknologi layanan jaringan adalah teknologi komunikasi dan data internasional. Yang mana, terdapat berbagai badan maupun organisasi yang turut menangani standarisasi teknologi komunikasi pada data internasional.


Teknologi Layanan Jaringan Adalah Teknologi Komunikasi Data Internasional

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan disajikan informasi tentang teknologi layanan jaringan yang berperan sebagai komunikasi data internasional.

Adapun diantaranya, meliputi berikut ini


Badan Standar Eropa

Berikut ini adalah teknologi layanan jaringan yang dijadikan sebagai badan standar di Benua Eropa.

  • ETSI (European Telecommunications Standards Institute)
  • ETSI merupakan sebuah badan independen yang telah menetapkan standarnya untuk komunitas yang ada di Benua Eropa.
  • CEN/CENELEC (European Committee for Electrotechnical Standardization/European Committee for Standardization)
  • CEN/CENELEC merupakan sebuah badan standardisasi yang digunakan sebagai teknologi informasi yang ada di wilayah Benua Eropa.

Badan Standar Amerika

Teknologi layanan jaringan adalah salah satu standar yang digunakan di Amerika, diantaranya adalah, meliputi :

  • IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers)
  • IEE merupakan suatu engineer atau teknisi elektro yang digunakan sebagai Asosiasi Internasional. Contoh standarnya adalah jaringan LAN.
  • EIA (Electronic Industries Association)
  • EIA adalah sebuah organisasi pabrik perangkat elektronika yang berada di Amerika, contoh standarnya adalah : RS232.
  • FCC (Federal Communications Commission)
  • FCC merupakan sebuah badan regulasi yang ditugaskan langsung oleh pemerintahan di Amerika.
  • TIA (Telecommunications Industry Association)
  • TIA merupakan lembaga yang mengemban tugas untuk melakukan adaptasi standar dunia sebelum sampai pada lingkungan di Amerika.

Organisasi Standar Teknologi Komunikasi Global

Teknologi layanan jaringan adalah teknologi komunikasi yang digunakan secara global (mendunia). Adapun diantaranya adalah :

A. ITU (International Telecommunication Union)

ITU merupakan lembaga khusus PBB yang ditugaskan untuk mengemban tanggung jawab dalam bidang telekomunikasi yang dibagi ke dalam dua standar khusus, yakni :

B. ITU-T (huruf T berasal dari kata telekomunikasi)

Standard ini berasal dari CCITT (Comité Consultatif International de Télégraphique et Téléphonique) atau (International Telegraph and Telephone Consultative Committee). Yang mana, fungsinya adalah untuk mempublikasikan rekomendasi pada jaringan telekomunikasi publik.

C. ITU-R (huruf R berasal dari kata radio)

Standar kedua ini, berasal dari Comité Consultatif International des Radiocommunications atau International Radio Consultative Committee. Yang mana, fungsinya adalah untuk mempublikasikan rekomendasi terhadap dengan aspek-aspek radio seperti penggunaan frekuensi di seluruh dunia.

D. ISO (International Standards Organization) dan IEC (International Electrotechnical Commission)

Keduanya merupakan organisasi standar di bidang teknologi komunikasi data secara global. Yang mana, peran dari ISO adalah untuk melakukan standarisasi dan protokol komunikasi data.

E. IEC

peran dari IEC adalah melakukan beberapa tugas yang berhubungan dengan standarisasi yang meliputi aspek electromechanical (seperti konektor), keselamatan dan juga lingkungan.

F. IETF (Internet Engineering Task Force)

IETF merupakan lembaga yang bertanggung jawab dalam arsitektur internet dan memiliki tugas untuk mengatur standarisasi protokol TCP/IP untuk internet. 


Teknologi Layanan Jaringan Adalah Teknologi yang Sangat Penting Untuk Berkomunikasi

Setelah dimanjakan dengan adanya layanan teknologi jaringan seperti sekarang ini, pasti Anda setuju bahwa teknologi layanan jaringan adalah teknologi yang sangat penting untuk berkomunikasi, terutama dalam melakukan komunikasi jarak jauh. Namun, apa sebelumnya Anda sudah mengerti bahwa terdapat tiga teknologi yang diperlukan untuk

kelancaran berkomunikasi lewat jaringan komunikasi?

a. Transmis 

Transmisi merupakan sebuah proses pembawa informasi antar endpoints yang terjadi di dalam suatu sistem atau jaringan. Sistem transmisi berlangsung dengan menggunakan empat media, diantaranya meliputi : kabel serat optik, kabel lembaga, glombang radio, maupun inframerah.

Di dalam sebuah jaringan telekomunikasi, sistem transmisi beroperasi dengan saling menghubungkan bagian sentral atau router. Keseluruhan dari sistem transmisi ini dinamakan sebagai jaringan transmisi atau jaringan transport (transport network).

b. Switching

Switching merupakan suatu teknologi yang digunakan oleh switch untuk menghubungkan atau melakukan switch panggilan pada jaringan telepon maupun dan untuk mem-forward paket dari satu link pada link lainnya.

c. Signaling

Signaling merupakan sebuah mekanisme yang memungkinkan posisi entitas berada pada suatu jaringan, contohnya seperti : perangkat pelanggan, switch dan lain sebagainya. Signaling bekerja untuk membentuk, mempertahankan, menyambung hingga memutuskan suatu sesi di dalam jaringan. Yang mana, hal tersebut dinamakan sebagai proses signaling, yakni dilakukan dengan menggunakan sinyal maupun pesan tertentu.


Teknologi Layanan Jaringan Adalah Sebuah Komunikasi Data

Secara langsung, Anda pasti sudah mengetahui bahwa teknologi layanan jaringan adalahsebuah komunikasi data yang telah digunakan saat ini. Yang mana definisi dari komunikasi data itu sendiri merupakan proses pengiriman dan penerimaan data yang terjadi dari 2 device atau lebih yang kehadirannya terhubung di dalam satu jaringan. Beberapa hal yang diperlukan oleh teknologi layanan jaringan komunikasi data adalah, sebagai berikut :


Jenis-jenis Komunikasi Data

a. Transmitter

Merupakan sebuah data yang dibangun atau dibangkitkan oleh sistem.

b. Transmission System 

Merupakan jalur transmisi tunggal yang biasa digunakan oleh suatu jaringan.

c. Receiver

Merupakan pihak penerima sinyal yang berasal dari sistem transmisi.

d. Destination

Merupakan pihak penangkap data yang sebelumnya telah dihasilkan oleh receiver


Fungsi Komunikasi Data

Berguna untuk memberikan informasi kepada orang atau pihak yang tepat dengan ketepatan waktu yang sesuai (on time).

  • Berguna untuk memberikan informasi data-data tertentu dan memberikan informasi datadata terbaru.
  • Berguna untuk memudahkan orang-orang melakukan komunikasi jarak jauh dengan baik.

Pregnant Komunikasi Data

Teknologi layanan jaringan adalah komunikasi data, dalam hal ini ada beberapa perangkat komunikasi yang terlibat di dalamnya. Yang mana, beberapa perangkat tersebut, meliputi :

a. DCE (Data Communication Equipment)

Merupakan perangkat yang difungsikan untuk menyalurkan informasi dari lokasi satu ke lokasi lainnya.

b. DTE (Data Terminal Equipment)

Merupakan perangkat yang difungsikan untuk mengatur masuk-keluarnya informasi (pengguna-komputer).

c. DCCU (Data Communication Control Unit)

Merupakan perangkat yang difungsikan sebagai pengatur hubungan peralatan.

PENUGASAN
1. Sebutkan salah satu contoh teknologi layanan jaringan yang kamu ketahui, bergerak dalam bidang apakah pelayanannya, perangkat apa saja yg digunakan oleh user ?
2. Jelaskan secara sederhana apa yang dimaksud dengan protocol ?
3. Sebutkan jenis protocol jaringan berserta fungsinya ! 4 saja
4. Sebutkan pendukung Teknologi Layanan Jaringan agar komunikasi dapat berjalan dengan mudah !
5. Buatlah 1 pertanyaan tentang Teknologi Layanan Jaringan !

KEHADIRAN

Related Posts
PAKTOMO.COM
Selamat datang teman-teman !

Related Posts

Posting Komentar