KfePbWrKY0SZuYw0BGcsAmqR0vWhELLZLHFzoY4d

Tugas Praktikum AIJ XII TKJ Firewall Jaringan Mikrotik

Selamat pagi, salam sehat luar biasa, salam vokasi menguatkan bangsa. Pada hari ini saya berikan tugas ke pada peserta didik kelas XII TKJ dengan mapel administrasi infrastruktur jaringan untuk praktikum membuat rule firewall filter yang berfungsi untuk memberikan keamanan pada router sehingga trafik yang masuk maupun trafik yang keluar dapat terkontrol dengan baik. Rule ini juga akan berfungsi untuk mecegah seragam penyusup ke pada router kita.

Fungsi Firewall

Gambaran firewall merupakan sebuah dinding, bilamana rumah kita berikan pagar itu akan berfungsi untuk menutup rumah kita dari akses orang asing yang akan masuk, maka harus melalui pintu pagar dulu. Orang yang dapat masuk ke rumah dapat diidentifikasi dengan identitas, mulai dari anggota keluarga, sodara, tetangga, orang asing boleh diberikan hak masuk sesuai dengan kapasitasnya masing-masing atau tidak diijinkan masuk karena sesuatu hal.

Dalam firewall filter terdapat 3 buah chain yang berfungsi untuk mendeteksi arah paket yang akan diproses, jika ada tamu misalkan itu menggunakan chain input, jika anggota keluarga keluar rumah menggunakan chain output, jika anggota keluarga/sodara kita ingin pergi ke taman belakang rumah sedangkan anggota/sodara tersebut berasal dari luar rumah maka menggunakan chain forward.

Input : berfungsi memproses trafik yang akan masuk ke dalam router

Output : berfungsi untuk memproses trafik yang akan keluar dari router

sedangakan Forward : berfungsi untuk memproses trafik yang berasal dari luar router ingin menuju keluar dari router dan harus melalui router tersebut

Tugas membuat rule firewall filter

simaklah topologi jaringan berikut ini, tentukanlah alamat/identitas masing-masing interface card pada eth1, eth2, eth3, client eth2, client eth3. Masing-masing jaringan dipisahkan dengan kategori jaringan A dan Jaringan B. 

Pada Jaringan A menggunakan prefic lenght /27 dan pada jaringan B menggunakan prefic lenght /28 maka gunakankan nomor absensi kalian sebagai dasar acuan identitas pada interfaces router (eth1, eth2, eth3) dan tingkat Validitas IP Address akan ditanyakan pada formulir monitoring project, periksa formnya pada link ini

Topologi Jaringan


Langkah-langkah

1. tentukan identitas / ip address masing-masing interface router dan client, tentukan validitas nomor absensi kalian untuk digunakan sebagai IP jika tidak valid dapat menggunakan blok subnet diatasnya atau di bawahnya.

2. kerjakan pada mikrotik kalian buatlah rule yang sesuai dengan perintah pada gambar topologi jaringan

kirim ke formulir yang telah saya sediakan pada link diatas gambar, sekian terimakasih

Evaluasi Praktikum Firewall Filter 


Related Posts
PAKTOMO.COM
Selamat datang teman-teman !

Related Posts

Posting Komentar